Apa Sih Bedanya Tes PCR dan Tes Antigen?

Apa Sih Bedanya Tes PCR dan Tes Antigen?

Kini sangat penting bagi kita untuk mengetahui lokasi tes swab terdekat. Pada era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, memiliki pengetahuan dasar mengenai perbedaan swab antigen dan swab PCR menjadi hal yang mutlak diketahui. Lalu, sebenarnya apa sih bedanya swab PCR dengan swab Antigen?

Nah, kita akan bahas mengenai persamaannya terlebih dahulu. Persamaan swab PCR dan swab Antigen adalah keduanya memerlukan alat mirip cotton bud panjang untuk mengambil sampel cairan pernapasan (lendir) dari hidung atau ke dalam bagian tenggorokan di belakang hidung.

Mengenai cara kerjanya, swab antigen dapat mengidentifikasi antigen nukleokapsid fosfoprotein dan spike glikoprotein yang berada pada permukaan virus covid-19. Sementara itu, Swab PCR (Polymerase Chain Reaction) mampu mendeteksi materi genetik dengan teknik amplifikasi atau perbanyakan. Caranya adalah sampel lendir yang sudah diisolasi oleh petugas medis, diberikan bahan kimia berupa primer dan probe. Selanjutnya, sampel tersebut  dipanaskan dan didinginkan secara terkontrol guna merubah RNA (rantai tunggal) menjadi  jutaan salinan DNA (rantai ganda). Setelah diperbanyak, materi genetik virus Covid-19 akan terlihat di mesin PCR. 

Kemudian dari hasil tesnya, swab antigen mampu mendeteksi virus dalam waktu 15-30 menit dan swab PCR mampu mendeteksi virus kurang dari 5 jam. Tingkat akurasi swab antigen lebih rendah dibandingkan swab PCR. Maka, perlu dipahami apabila hasil swab antigen positif atau meragukan, dokter masih perlu memastikan diagnosis dengan swab PCR. Tak heran, swab PCR merupakan standar rekomendasi WHO karena tingkat akurasinya yang tinggi. Namun, tidak dipungkiri bahwa swab antigen memiliki biaya yang lebih murah dan waktu deteksi yang lebih cepat ketimbang swab PCR.

Sobat, kini tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil swab PCR dengan layanan Travelling PCR Hi-Lab Diagnostic Center. Cukup dengan Rp 750.000, Sobat bisa mendapatkan hasil swab PCR dalam waktu 5 jam saja. Sementara itu, untuk PCR Regular, biayanya lebih ekonomis, yaitu Rp 480.000. Terakhir, untuk swab Antigen di Hi-Lab Diagnostic Center, Sobat hanya perlu menyiapkan biaya Rp 95.000. Memang benar bila Hi-Lab Diagnostic Center memberikan layanan swab PCR dan swab Antigen termurah dan tercepat di Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *